Rabu, 09 September 2009

Tips mengingat rumus fisika

Siapa yang tak kenal Fisika…. pelajaran setelah matematika yang sulit menurut sebagian orang yang saya temui(tidak semua bilang sulit ada juga yang bilang merupakan pelajaran favorit dan kedatangannya ditunggu-tunggu). Saya sering bertanya pada teman-teman saya yang bilang fisika itu sulit, dan kebanyakan dari mereka bilang fisika itu terlalu banyak rumus… (males ngapalin….).

saya ada satu tips supaya kita cepat ingat rumus fisika :
“Rumus fisika itu bisa kita print atau tulis pada selembar kertas trus tempel di tembok atau apa aja yang mudah kita lihat. Dengan begitu pas kita bangun pagi sampai berangkat tidur kita lihat rumus itu.. niscaya semakin sering kita melihat rumus itu pasti kita akan selalu ingat..”

cat : tips ini juga berlaku bagi yang mau menghapal irregular verbs..

SELAMAT MENCOBA..

Avatar Magic - Mengubah Air Menjadi Es

Effects : Anda mampu membuat air di dalam botol dalam waktu singkat membeku menjadi es

Beberapa waktu yang lalu ketika mendapat request trik ini, saya langsung teringat paktikum Kimia saya di SMA. Jadi, langsung saya bongkar lagi buku "Advanced Level Cambridge University : Chemistry" untuk membagi trik ini ke teman-teman semuanya.


Persiapan :

1. Persiapkan Sodium Asetat, sering disebut Natrium Asetat (bisa dibeli di toko kimia, rumus kimianya : NaC2H3O2), air, dan panci.

2. Rebus air sampai hampir mendidih, tambahkan sodium asetat, aduk hingga larut.



3. Jika sudah larut, masukkan air ke dalam gelas. Pastikan endapan Sodium Asetat tersaring dengan sempurna.

4. Masukkan gelas berisi larutan tersebut ke dalam kulkas (bukan di dalam freezer)

Prosedur :

1. Saat akan melakukan performance, tuang larutan tersebut ke dalam botol/ gelas.





2. Sentuhlah permukaan larutan tersebut dengan tangan anda/ tangan sukarelawan selama beberapa saat (kurang lebih satu menit, tergantung perbandingan antara sodium asetat dan air). Dalam sekejap, air tersebut akan membeku menjadi es.






Penjelasan Ilmiah Secara Singkat dan Sederhana :

1. Reaksi proses Hidrasi (penambahan air) yang terjadi pada Sodium Asetat adalah reaksi eksotermis, artinya reaksi yang membebaskan kalor dari sistem (larutan) ke lingkungan. Inilah yang menyebabkan es yang terbentuk agak terasa hangat walaupun larutan baru saja didinginkan di lemari es.

2. Bentuk padat sodium asetat "menyerap" tiga molekul air sehingga membentuk senyawa baru bernama Sodium Asetat Trihidrat.

Berikut rumus kimianya :

NaC2H3O2 (s) + 3H2O (l) ---> NaC2H3O2-3 H2O (s) + panas

Trik ini sekali lagi membuktikan bahwa magic adalah sesuatu yang sangat ilmiah dan masuk akal; sangat jauh dari unsur gaib, klenik, apalagi bantuan jin dan setan. Sebuah pertunjukan magic yang baik hanya akan bisa dicapai jika kita mampu mengoptimalisasi kekuatan pikiran kita, dan memadukannya dengan daya kreativitas yang tinggi

Trik Dasar Mnemonic - Menghafalkan Sesuatu Dengan Cepat

Beberapa waktu yang lalu dalam The Master Season 1 Joe Sandy pernah menunjukkan kemampuan super memori untuk menghafalkan urutan 52 kartu dengan metode "Mnemonic". Istilah ini juga sangat populer di kalangan para mentalist, ilmuwan, bahkan pelajar.

Apakah Mnemonic Itu?

Mnemonic berasal dari bahasa Yunani, "Mnemosyne", yang berarti Dewi Memori. Yang dimaksud Mnemonic adalah menghafalkan sesuatu dengan "bantuan". Bantuan tersebut bisa berupa singkatan, pengandaian dengan benda, atau "linking" (mengingat sesuatu berdasarkan hubungan dengan suatu hal lain), dan masih banyak metode lain. Contoh Mnemonic yang paling populer adalah "MEJIKUHIBINIU" (Merah-Jingga-Kuning-Hijau-Biru-Nila-Ungu) yang digunakan untuk menghafalkan warna pelangi.

Berikut adalah contoh trik magic yang menggunakan trik Mnemonic yang disubmit oleh Aldozz (www.sbcindonesia.4rumer.com )


Masih ingat penampilan Denny Darko menghafalkan 30 angka pilihan penonton dan menjumlahkannya?!.Apakah dia menggunakan photographic memory (menghafal gambar) atau dengan trik lain ??.

Ini adalah trik Magic yang mengunakan ingatan kita. Caranya yakni merubah urutan angka tersebut menjadi sebuah kata. Umpamakan angka menjadi huruf berikut :

1 = T , D
2 = N
3 = M
4 = R
5 = L
6 = J,G (ex : engine) ,Ch,Sh,Zh,Z
7 = K,G (ex : good),C,Q
8 = F,V
9 = P,B
0 = S,Z

Caranya,misal ada angka 34713720 ,pertama bagi tiap 2 angka.
jadi, 34-71-37-20 ,lalu bikin kata2 dari angka itu dengan cara di atas.

34=MaRi
71=KiTa
37=MaKan
20=NaSi

Nah jadi dapat kita baca MARI KITA MAKAN NASI . Trik ini membutuhkan latihan berkali2 agar cepat menentukan kata2nya. Semoga bermanfaat !!.

Note :
Mnemonic juga termasuk salah satu magic dengan tingkat kesulitan yang tinggi. Anda harus banyak-banyak berlatih untuk dapat menguasai trik ini dengan sempurna

The Power of Love - Sulap Kartu

Effects : Anda membagi tumpukan kartu anda ke dua orang kekasih/ sahabat. Anda meminta mereka saling memikirkan angka yang paling bermakna bagi pasangannya. Mereka mengambil kartu sesuai dengan angka tersebut lalu meletakkannya ke tengah. Pasangan pun diperintahkan untuk memikirkan angka yang dibenci pasangannya. Mereka mengambil kartu sesuai angka yang mereka pikirkan, diletakkan di tengah. Kartu yang tersisa di tumpukan masing-masing dihitung, dan dalam hitungan ketiga, kedua orang tersebut harus membalik kartu paling atas di tumpukan mereka. Voila, kartu keduanya sama-sama Joker.

Prosedur
1. Panggil sepasang kekasih untuk membantu anda melakukan permainan. Bicaralah tentang kekuatan cinta, dsb, dsb...

2. Ambil satu pak kartu, persilakan mereka mengocoknya. Ambil kembali kartu setelah selesai dikocok. Tanyai pasangan tersebut kartu apa yang paling mereka benci, yang akan anda buang dari permainan.

3. Sambil mencari kartu tersebut di tumpukan kartu di tangan anda, ambil dua Joker dan letakkan di tumpukan paling atas, lakukan tanpa menarik perhatian. Lalu buang kartu yang tidak diinginkan sang pasangan.

4. Sekarang, suruh kedua pasangan duduk/ berdiri berhadap-hadapan. Bagi kartu di tangan anda ke keduanya, dengan cara berselang-seling. Kartu pertama (Joker) ke si A, kedua (Joker) ke si B, ke tiga ke si A, dan seterusnya, hingga kartu di tangan anda habis.

5. Sekarang di masing-masing tumpukan kartu si A dan si B, terdapat kartu Joker di paling bawah. Suruh keduanya saling berkonsentrasi dan menatap mata masing-masing. Suruh keduanya memikirkan angka yang paling disukai oleh pasangannya (lebih baik dibatasi dari 1 sampai 10). Tanpa mengucapkannya, suruh mereka mengambil kartu dari tumpukan paling atas sesuai dengan yang mereka pikirkan, suruh meletakkannya ke tengah. Perintahkan juga mereka untuk memikirkan angka yang paling dibenci pasangan masing-masing, mengambil kartu sesuai angka itu (dari atas) dan meletakkannya ke tengah.

6. Ambil tumpukan kartu di tengah dan singkirkan dari permainan. Katakan bahwa sekarang di depan mereka hanya ada kartu yang murni mewakili pasangan mereka masing-masing. Sekarang di depan mereka terdapat setumpuk kecil kartu dengan Joker di bagian paling bawah.

7. Untuk menaikkan kartu Joker ke atas tumpukan kartu, minta mereka menghitung kartu masing-masing. Cara menghitung : Minta mereka memegang tumpukan kartu, pegang kartu paling atas dan jatuhkan ke bawah dalam posisi tertutup sambil berkata "satu". Lakukan juga untuk kartu-kartu berikutnya hingga kartu terakhir (Joker) ada di tumpukan paling atas.

8. Sebelum mereka membalik kartu paling atas, untuk menambah efek dramatis, tegaskan bahwa mereka telah memilih angka-angka untuk membuang kartu sesuai dengan keinginan mereka sendiri. Ceritakan pula tentang hanya ada dua kartu yang berjumlah dua dalam satu pak kartu, yaitu Joker. Jelaskan pula kecilnya kemungkinan untuk mendapatkan Joker dalam waktu bersamaan, hampir 1:1 juta.

9. Minta mereka membalik tumpukan kartu paling atas, untuk membuktikan apakah kekuatan cinta mereka benar-benar hebat. Magic! Kartu keduanya sama-sama Joker.

Mengubah As Wajik menjadi As Hati

Effect : Anda menunjukkan 3 buah kartu yang dipegang dalam satu tangan. As Keriting, As Wajik, dan As Sekop. Kemudian anda membagi ketiga kartu dalam posisi tertutup (menghadap ke bawah). Anda buka kartu sebelah kiri, As Keriting. Anda juga membuka kartu sebelah kanan, As Sekop. Kemudian anda bertanya kepada penonton, kartu apa yang ada di tengah? Penonton akan menjawab "As Wajik". Anda balik kartu di tengah, yang ternyata berubah menjadi "As Hati"

Trik :
Sebenarnya anda memang dari awal memegang As Hati yang dibalik dan bagian bawahnya ditutupi oleh dua kartu yang mengapitnya (lihat gambar).

Kartu As Hati anda balik


Anda tutupi bagian bawah As Hati sehingga menyerupai As Wajik


Anda tunjukkan pada penonton dalam bentuk seperti ini

Tips Sulap untuk Pemula

Banyak diantara kita yang mencoba menguasai beberapa trik Sulap sederhana.. Begitu banyak situs online yang menawarkan kepada anda beragam tips mengenai bagaimana menguasai trik dasar sulap, bahkan beberapa diantaranya menawarkan alat sulap berupa gimmick yang langsung dapat Anda gunakan dalam menampilkan trik Sulap yang diinginkan, gelang-gelang, dan alat sulap lainnya. Sehingga sekarang banyak muncul magic shop / toko sulap baik itu online magic shop maupun yang langsung.


Sebelum Anda mulai lebih lanjut dalam mempelajari berbagai macam Ilmu dan teknik Sulap, Anda harus mengetahui terlebih dahulu tentang esensi dasar ilmu Sulap. Pertama, Sulap ataupun sebuah pertunjukan sulap haruslah mampu untuk membuat orang lain yang menonton penampilan Anda merasa senang dan gembira! Sulap harus mampu membuat orang-orang yang berada disekitar anda merasa enjoy dan menikmati setiap pertunjukan sulap yang Anda tampilkan. Kedua, sebuah trik yang bagus haruslah selalu dapat diingat oleh penonton. Berbagai macam metode dapat dilakukan dalam rangka membuat trik Anda menjadi luar biasa diingat oleh penonton. Jadi kalaupun dapat trik sulap online juga tidak masalah.


Tempat yang bagus bagi anda untuk memulai mendapatkan trik pertama adalah dengan mengunjungi toko sulap terdekat yang ada di kota anda. Tanyalah kepada pesulap yang berada pada toko sulap / magic shop tersebut, apabila ada, dan cobalah untuk bertanya kepadanya tentang pertanyaan-pertanyaan sederhana tentang pelajaran Sulap dan utarakan keinginan Anda untuk belajar sulap. Kemudian, mintalah pesulap tersebut untuk menampilkan beberapa trik kepada Anda. Jangan takut, seperti biasa para pesulap selalu senang dan mempunyai hasrat serta keinginan yang kuat untuk membantu pesulap pemula. Inilah salah satu manfaat toko/tempat jual sulap.


Seorang pesulap yang baik selalu meluangkan waktu untuk mengasah kemampuannya dalam hal bermain sulap. Seorang pesulap yang baik juga tidak akan pernah mengulang trik yang sama kepada orang yang sama, karena orang yang sama hanya akan mencari tahu rahasia trik anda ketika anda melakukan pengulangan. Hal ini tidak akan berlangsung lama hingga akhirnya penoton anda akan mengetahui trik yang anda mainkan karena telah menghapal gerakan tangan anda maupun gerakan yang lain, dan pada akhirnya orang tersebut akan cepat merasa bosan.. tentunya hal ini bertentangan dengan esesni pertama di atas kan?


Beberapa tips sederhana adalah:

a. Latihlah kemampuan sulap anda secara teratur. Sebanyak mungkin setiap hari untuk berlatih.



b.
Apabila ada mencoba dengan merekam penampilan anda dengan menggunakan handycam, pastikan tidak ada cermin disekitar anda yang dapat merubah sudut pandang penonton anda, sehingga dapat terlihat dari sudut pandang yang berbeda pada saat anda melakukan sebuah trik, dimana memang anda tidak menginginkan penonton anda melihat penampilan anda dari sudut pandang yang berbeda. Dan ingatlah sealu bahwa anda percaya diri dalam menampilkan trik sulap Anda, karena apabila anda tidak yakin, maka anda akan kehilangan kepercayaan diri yang membuat penampilan anda tidak enak untuk dilihat sehingga peonton kehilangan hasratnya untuk melihat trik yang akan anda tampilkan.


c.
Mintalah kepada orang lain untuk melihat trik yang anda bawakan dan mintalah umpan balik (feedback) darinya. Tidak masalah kalu dicap itu sulap murah.


d.
Menjadi ahli-lah dalam satu trik, sebelum anda belajar trik yang baru.

e.
Kemanapun anda pergi, jadikanlah kebiasaan bagi anda untuk selalu membawa beberapa peralatan sulap. Karena itu rajinlah mencari tips misalnya dari online magic shop, dsb.

Telekinesis - Ghost Writing

Deskripsi ;
Anda mampu memunculkan tulisan dari dalam kertas, setelah menulis sesuatu di udara

Persiapan :
1. Anda memerlukan 2 buah kertas yang sama persis (baik dalam hal ukuran, warna, dan jenis kertas)

2. Ambil salah satu kertas, tulis sesuatu di kertas tersebut. Anda bisa membuat tulisan yang sesuai dengan tujuan magic anda. Bisa berupa kata "DEATH" atau "I Love You", tergantung dari atmosfer yang ingin anda tampilkan di atas panggung.

3. Remas-remas menjadi kecil, dan genggam kertas yang sudah ditulisi tersebut dengan tangan kiri anda (jangan sampai terlihat oleh penonton). Pegang kertas yang masih kosong dengan tangan kanan.

4. Persiapkan pula sebuah pena di dalam saku.


Prosedur :

1. Katakan kepada penonton bahwa mampu melakukan telekinesis, yaitu menulis tanpa menyentuh langsung objek yang akan ditulisi.

2. Remas pula kertas kosong di tangan kanan anda, masukkan ke dalam genggaman tangan kiri. Sekarang, di tangan kiri anda ada dua buah kertas yang diremas dalam bentuk kecil. Teknik ini sangat berguna untuk dipelajari dan dikuasai, karena bisa dikembangkan ke dalam berbagai bentuk magic lain.

3. Kepalkan tangan kiri anda. Masukkan tangan anda, dan ambil sebuah pena di dalam saku. Sambil mengambil pena, jatuhkan remasan kertas kosong ke dalam saku anda.

4. Sekarang, hanya ada satu kertas (dengan tulisan) di tangan kiri anda. Kepalkan genggaman tangan kiri anda, arahkan pena di tangan kanan anda ke kepalan tangan kiri, dan beraktinglah seolah-olah anda sedang menulis di udara.


5. Buka genggaman tangan kiri anda, lalu buka pula remasan kertas di tangan anda. Tunjukkan pesan yang tertulis pada penonton.

Note :

- Trik ini cocok dilakukan sebagai pembuka pertunjukan, dalam tempo yang cepat. Usahakan anda membawakannya dengan kemampuan berkomunikasi yang kuat, sehingga penonton tidak mempunyai waktu untuk mencari titik lemah trik ini

Pistol Alam Bawah Sadar - Sulap Kartu

Effects : Anda mengambil lima buah kartu dan meminta salah seorang penonton untuk memilih satu kartu dalam hati. Anda mencoba membaca pikiran sang penonton, dan dengan "Pistol Alam Bawah Sadar" anda "menembak" (membuang) satu dari lima kartu tersebut. Anda tunjukkan 4 kartu tersisa di tangan anda, dan ajaib, kartu yang tadi dipilih oleh sang penonton tidak ada, karena anda telah menembaknya!

Persiapan : Siapkan dua paket kartu, tiap paket terdapat 5 buah kartu.
Paket A berisi kartu dengan urutan 9 Sekop, 7 wajik, 8 keriting, 7 sekop, dan 8 wajik.
Paket B berisi kartu dengan urutan 9 keriting, 7 hati, 8 sekop, 7 keriting, dan 8 hati.

Bawa Paket A di tangan anda, dan masukkan paket B di saku anda, usahakan agar keberadaan paket ini tidak mencolok.

Prosedur
1. Tunjukkan paket A ke satu sukarelawan. Minta ia memilih satu kartu di dalam hati tanpa mengucapkannya. Jika perlu, suruh ia menulis kartunya di kertas tanpa menunjukkan pada anda.

2. Katakan bahwa anda akan mencoba membaca pikiran sang sukarelawan. Masukkan kartu anda ke saku (sekarang ada dua paket di saku anda, paket A dan B), dan suruh sang sukarelawan menatap mata anda. Lakukan akting yang meyakinkan untuk membaca pikiran, seperti meletakkan tangan di kepala, menyuruh sang sukarelawan berhitung, dan sebagainya.

3. Setelah selesai, ambil Paket B dari saku anda (ingat, bukan paket A yang tadi anda tunjukkan). Pegang kartu paket B dengan tangan kanan anda, bentuk seperti kipas, dengan bagian belakang kartu menghadap penonton.

4. Ceritakan bahwa anda sudah membaca pikiran sang sukarelawan. Katakan pula bahwa anda memiliki pistol (bentuk tangan kiri anda menyerupai pistol), dan anda akan menembak kartu yang dipikirkan oleh sang sukarelawan. Katakan "dor", dan masukkan kartu yang mana saja di tangan anda ke saku.

5. Sekarang, minta sang sukarelawan menyebutkan kartu yang tadi dipikirkannya. Tunjukkan ke-4 kartu yang anda pegang, dan voila! Kartu yang tadi dipikirkan sang sukarelawan sudah tidak ada, karena berhasil anda "tebak" dan "tembak". Karena kartu dan urutan paket A dan B hampir mirip, sang sukarelawan tidak akan menyadari bahwa anda menggunakan 2 paket kartu yang berbeda.

Tantangan Magic Square Joe Sandy

Ok, ini adalah salah satu show yang sangat brilian dari Joe Sandy. Intinya, Joe membuat kotak 4x4, yang jika dijumlahkan :
-Secara Vertikal
-Secara horizontal
-Secara diagonal
-4 angka di masing-masing pojok
-4 angka di tengah
Akan menghasilkan angka yang sama.

Berikut rumusnya (sekali lagi,saya sama sekali tidak tahu apakah dalam show-nya di The Master Joe Sandy menggunakan trik, atau benar-benar menggunakan kekuatan pikiran):


Dan berikut contohnya, dengan angka 49 sebagai patokan (apabila dijumlahkan dengan metode di atas, semua menghasilkan 49)

Dalam show tersebut, Joe Sandy membuat kesalahan. Kesalahan itu bisa dimaklumi, karena ia berada di bawah pressure yang hebat.
Ok, daripada meributkan kesalahan dari Joe, mari kita tantang diri kita sendiri, seberapa cepat kita bisa menyelesaikan magic square ini. Persyaratannya :
- Angka total penjumlahan boleh anda pilih sendiri
- Tidak boleh ada dua angka yang sama muncul dalam tabel
- Dalam melakukannya, anda tidak boleh menggunakan dua angka total penjumlahan yang sama sama berturut-turut.
- Pembulatan dalam penghitungan waktu cukup satu angka di belakang koma, tidak termasuk waktu saat membuat tabel 4x4.

Rekor saya dalam menyelesaikan magic square ini adalah 15,4 (lima belas koma empat) detik, dengan angka penjumlahan 87. Seberapa cepatkah anda? Tulis rekor anda pada comment di posting ini..

Pembagian dengan Angka 7 Sangat Cepat

Effects : Anda mampu melakukan pembagian dengan angka 7 dengan sangat cepat


Prosedur :

1. Panggil seorang penonton naik ke atas panggung. Minta ia menulis 9 digit angka. Misalkan 623546732

2. Katakan, angka tersebut masih terlalu mudah. Suruh sang sukarelawan menuliskan lagi angka yang sama, sehingga kini ada 18 digit angka. Dalam kasus ini 623546732623546732.

3. Jelaskan bahwa angka 7 adalah angka yang sangat magis dan erat kaitannya dengan para pekerja misteri. Delapan belas digit angka yang ditulis sang sukarelawan tadi sama sekali tidak ada kaitannya dengan angka
7. Katakan, bahwa dengan kecepatan yang luar biasa, anda bisa mengubah 18 digit angka tersebut menjadi bilangan yang tepat habis dibagi 7 (tanpa koma samasekali).

4. Yang perlu anda lakukan adalah mencoret angka ke-2 dan ke-11, dan menggantinya dengan angka 7. Dalam kasus ini, angka tersebut menjadi 673546732673546732.

5. Suruh sang sukarelawan membagi bilangan tersebut dengan angka 7 (Dengan bantuan kalkulator). Pasti hasilnya adalah bilangan bulat tanpa koma. Dalam kasus ini 673546732673546732 : 7 = 96220961810506676.

Menebak Kata Dalam Kamus Dengan Mathemagics



Efek : Anda meminta seorang penonton menyebut angka ganjil dari 1-9. Anda kemudian membuat kolom sesuai dengan jumlah angka yang disebutkan penonton. Beberapa orang penonton dipanggil untuk menuliskan satu digit angka di tiap kolom secara sembarang. Anda melakukan proses hitungan, dan anda akan memperoleh sebuah angka. Anda minta penonton melihat kata pertama pada halaman kamus yang dihasilkan dari angka tersebut. Anda membaca pikiran sang penonton, dan anda bisa menyebutkan kata tersebut dengan tepat.

Persiapan : Hafalkan kata pertama dalam kamus halaman 123.

Prosedur :

1. Minta satu penonton menyebut satu angka ganjil dari 1-9. Pastikan ia menyebut angka lebih dari 1. Jika ia menyebut 1 , tanyakan lagi hal yang sama pada penonton lain, kemudian jumlahkan hasilnya (pastikan tidak lebih dari 9).

2. Beri penonton tersebut kamus atau buku yang sangat tebal. Suruh ia memeriksa bahwa tidak ada rekayasa di dalamnya.

3. Misalkan penonton tadi menyebut angka 7, buatlah 7 kolom dan minta penonton manapun mengisi masing-masing kolom dengan satu angka, terserah mereka.

4. Contoh, anda akan mendapatkan angka 3678942

5. Jelaskan bahwa proses ini acak, dan samasekali tidak ada rekayasa.
Di bawah angka tersebut, tulislah
Jumlah bilangan genap (dari angka 3678942) : 4
Jumlah bilangan ganjil (dari angka 3678942) : 3
Jumlah digit (dari angka 3678942) : 7
Bilangan baru : 437
Catatan : jika muncul angka "0", masukkan ke dalam kelompok bilangan genap)

6. Katakan, bahwa dengan proses yang memiliki jutaan kemungkinan,anda mendapatkan bilangan baru, yaitu 437. Agar lebih susah, anda akan melakukan prosedur yang sama sekali lagi. Di bawah 437, tulis lagi:
Jumlah bilangan genap (dari angka 437): 1
Jumlah bilangan ganjil (dari angka 437) : 2
Jumlah digit (dari angka 437): 3
Angka baru : 123 (berapapun angka awalnya, pasti akan menghasilkan 123)
Catatan : jika muncul angka "0", masukkan ke dalam kelompok bilangan genap)

7. Jelaskan bahwa angka ini diperoleh dari angka yang dipilih sendiri oleh penonton, tanpa rekayasa anda. Minta penonton yang memegang buku untuk membuka halaman 123 dan melihat kata pertama. Jelaskan pula bahwa buku tersebut sangat tebal, tidak mungkin dihafalkan.

8. Minta sang penonton berkonsentrasi pada kata tersebut, dan seolah-olah membaca pikiran, sebutkan kata pertama pada halaman 123 yang telah anda hafalkan tadi. Hasilnya pasti tepat.

Variasi permainan : Agar lebih rumit, minta penonton tak hanya melihat kata, tapi juga kalimat. Dan anda bisa juga membuat penonton tidak hanya melihat kata pertama, tapi juga kata ke-"n" sesuai yang anda inginkan, yang akan diperoleh melalui proses hitung manipulasi (lihat trik : "Angka Magis Untuk Memanipulasi Pikiran" untuk lebih jelasnya)

Bilangan Ganjil dan Angka 20

Effects : Anda bisa melakukan sesuatu yang tidak mungkin dilakukan dengan cara berpikir normal.

Prosedur :

1. Panggil seorang sukarelawan. Akan lebih baik bila sang sukarelawan adalah seseorang yang dikenal pandai matematika. Katakan bahwa anda akan memberikan sebuah tantangan yang berhubungan dengan penjumlahan sederhana.

2. Tantangannya adalah, suruh ia menulis 5 buah angka ganjil, yang bila dijumlahkan hasilnya adalah 20. Angka ganjil harus positif dan berbentuk bilangan bulat, bukan desimal atau pecahan.

3. Sebelum melangkah ke poin selanjutnya, cobalah dulu untuk menulis 5 buah angka ganjil, yang bila dijumlahkan hasilnya adalah 20. Setelah anda yakin tidak bisa, baru melangkah ke poin selanjutnya.

4. Sang sukarelawan pasti tidak mampu melakukannya. Katakan bahwa anda dapat melakukannya. Tulislah : 13,5, 1, 1

5. Sang sukarelawan pasti akan memprotes, bahwa anda hanya menulis 4 angka ganjil, bukan lima. Katakan bahwa anda telah menuliskan 5 angka ganjil, yaitu 1,3 (13), 5, 1, dan 1.

Trik ini cocok digunakan sebagai humor pembuka dalam show anda, sebelum melangkah pada trik angka yang jauh lebih kompleks.

Melihat Kartu Secara Tembus Pandang

Effects : Anda meminta dua orang penonton maju ke atas panggung. Anda memberi mereka satu pak kartu untuk dikocok. Kartu kemudian disebarkan di atas meja dalam posisi tertutup. Dengan metode Clairvoyant (penerawangan tembus pandang) anda mengambil tiga kartu dari 52 kartu yang tersebar dan setelah dibalik, sambil mengucapkan nama kartu tersebut keras-keras. Ternyata ketiga kartu tersebut sesuai dengan yang anda sebutkan.

Prosedur :
1. Setelah anda meminta sang sukarelawan mengocok kartu, perhatikan kartu paling bawah, dan hafalkan nilainya (misal As Keriting)

2. Ketika menyebar kartu, pastikan anda mengetahui posisi kartu paling bawah (As Keriting)

3. Katakan dengan keras, "Saya akan mengambil kartu As Keriting (kartu paling bawah)!". Ambil kartu manapun selain As Keriting, lihat nilai kartu tersebut, tapi jangan biarkan sang sukarelawan melihatnya. Misal nilai kartu tersebut 9 hati, tetap katakan,"Wow! Saya benar!"

4. Katakan lagi "Saya akan mengambil kartu 'x' (ganti kata x dengan nilai kartu yang anda peroleh di nomor 3, dalam contoh kali ini adalah 9 hati). Ambil kartu manapun selain As Keriting, lihat nilai kartu tersebut, tapi jangan biarkan sang sukarelawan melihatnya. Misal nilai kartu tersebut 2 wajik, katakan lagi,"Wow! Saya benar lagi!"

5. Katakan lagi "Saya akan mengambil kartu 'x' (ganti kata x dengan nilai kartu yang anda peroleh di nomor 4, dalam contoh kali ini adalah 2 wajik). Sekarang, ambillah kartu As Keriting yang telah anda ketahui posisinya.

6. Bawalah tiga kartu yang telah anda pilih. Tanyakan pada sukarelawan "Anda pasti tidak percaya saya telah mengambil kartu yang tepat, betul?" Tunjukkanlah nilai ketiga kartu yang anda ambil, dan ternyata nilainya tepat! (As Keriting, 9 Hati, dan 2 Wajik)

Tips : Letakkan kartu yang pertama anda pilih di atas kartu kedua, dan letakkan kartu ketiga di paling atas agar urutannya sesuai.
Agar sang sukarelawan lebih mudah mengingat kartu yang akan anda ambil, minta ia menuliskan nilai kartu yang anda teriakkan di atas kertas/ papan tulis.

Menebak Tanggal Lahir

Effects : Anda bisa menebak tanggal lahir seseorang berdasarkan perhitungan matematis

Prosedur :

1. Panggil seorang sukarelawan naik ke atas panggung, beri ia sebuah kalkulator. Suruh ia memikirkan tanggal lahirnya (Misal 13 Oktober)

2. Minta ia mengetikkan bulan kelahirannya di kalkulator (Januari = 1, Februari = 2, Maret = 3, dan seterusnya. Misalkan ia lahir pada bulan Oktober = 10)

3. Kalikan 5 (10x5=50)

4. Tambah 7 (50+7=57)

5. Kali 4 (57x4=228)

6. Tambah 13 (228+13=241)

7. Kali 5 (241x5=1205)

8. Tambahkan dengan tanggal lahir sang sukarelawan (Misal 13 Oktober, 1205+13 = 1218). Suruh ia menyebutkan hasil akhirnya pada anda.

9. Dalam hati, kurangi hasil pada no.8 dengan 205 (1218-205=1013). Dua digit terakhir (13) menunujukkan tanggal lahir sang sukarelawan, sedangkan digit di depannya menunjukkan bulan lahirnya (10)

Prediksi 73

Effects : Anda mampu membuat prediksi yang tepat sesuai dengan hasil perhitungan.

Persiapan : Siapkan amplop berisi prediksi bertuliskan angka "73"

Prosedur :

1. Katakan bahwa anda telah membuat sebuah prediksi di sebuah amplop terutup. Berikan amplop ini ke salah satu penonton.

2. Panggil seorang sukarelawan (anda bisa mencoba dengan beberapa sukarelawan sekaligus bila sudah mahir) naik ke atas panggung, dan beri ia sebuah kalkulator.

3. Minta ia memikirkan 4 digit angka (misal : 6743)

4. Suruh ia mengetikkan 4 digit angka tersebut dua kali di kalkulator (67436743)

5. Minta ia membaginya dengan 137 (67436743 : 137 = 492239)

6. Suruh ia membagi angka yang diperoleh di poin nomor 5 dengan 4 digit angka yang pertama kali ia pikirkan (492239 : 6743 = 73)

7. Ingatkan bahwa sang penonton memilih sendiri 4 digit angka, dan tidak ada rekayasa di antara anda berdua. Bukalah prediksi anda, dan hasilnya pasti tepat!

Prediksi 10890

PREDIKSI

Efek : Tulis prediksi Anda pada sebuah kertas 10890 dan masukan pada amplop tertutup.

Persiapan :
Kalkulator, 4 lembar kertas, kartu remi dibagi menjadi 4 bagian dengan urutan sbb :


Prosedur :
1. Panggil 4 orang sukarelawan tanpa rekayasa
2. Bagi ke empat bagian kartu tersebut ke masing-masing sukarelawan kemudian suruh mereka mengocok / mengacak kartu tersebut.
3. Anda menyuruh masing-masing sukarelawan mengambil 4 kartu, bebas
4. Suruh sukarelawan sortir angka kartu tersebut dari angka terbesar ke angka terkecil lalu menuliskan angka tersebut pada sebuah kertas, misalnya :



5. Suruh sukarelawan mengurangkan dengan angka tadi secara terbalik



6. Suruh sukarelawan menambahkan dengan hasil pengurangan secara terbalik



7. Suruh salah satu sukarelawan membuka prediksi Anda pada sebuah Amplop, pasti angkanya sama. Anda dapat berkata "Ingat! semua ini dari menentukan orang sampai memilih kartu, semuanya dilakukan tanpa rekayasa".

Angka Sial

Effects : Anda mampu membuat berapapun angka yang dipilih sang sukarelawan menjadi angka sial

Persiapan : Siapkan sebuah prediksi bertuliskan angka "13"

Prosedur :

1. Panggil seorang sukarelawan (anda bisa menggunakan lebih dari seorang sukarelawan jika sudah mahir melakukannya) dan beri ia sebuah kalkulator.
2. Suruh ia memikirkan tiga digit angka (misal 487)
3. Minta ia mengetikkan angka tersebut dua kali di kalkulator (487487)
4. Minta ia membaginya dengan 11 (487487:11=44317)
5. Minta ia membaginya dengan 7 (44317:7=6331)
6. Minta ia membaginya dengan tiga digit angka yang tadi ia pikirkan, hasilnya pasti 13 (6331:487=13)
7. Makna Permainan : Kesialan dan permasalahan memang tidak dihindari. Jadi, jalan terbaik untuk mengatasinya adalah dengan menghadapi dan menyelesaikannya

Menyusun Angka 100

Effects : Anda berhasil membuatoperasi matematika dari angka 123456789 yang menghasilkan angka 100

Prosedur

1. Tulislah angka 123456789. Katakan bahwa ada banyak keajaiban yang bisa dihasilkan dari angka-angka tersebut.

2. Beritahu para penonton bahwa 100 adalah angka sempurna. Dengan menggunakan kekuatan otak kiri dan kanan anda secara sempurna, anda bisa menghasilkan banyak operasi matematika dari angka tersebut yang menghasilkan angka sempurna (100)

3. Beraktinglah seolah-olah anda sedang berpikir keras, dan tulislah operasi matematika berikut ini :

    1.     123+45-67+8-9 =100
2. 123+4-5+67-89 =100
3 . 123+4x5-6x7+8-9 =100
4 . 123-45-67+89 =100
5. 123-4-5-6-7+8-9 =100
6. 12+34+5x6+7+8+9 =100
7. 12+34-5+6x7+8+9 =100
8. 12+34-5-6+7x8+9 =100
9. 12+34-5-6-7+8x9 =100
10. 12+3+4+5-6-7+89 =100


Makna Permainan : Di dalam hidup ini, ada banyak jalan untuk menuju kesempurnaan.
Semuanya tak bisa diraih dengan mudah, diperlukan suatu proses yang sangat sulit untuk mencapainya

Mathemagics Dengan Akar Kuadrat

Effects : Anda mampu menebak angka dasar yang dituliskan oleh sang sukarelawan

Prosedur :

1. Panggil seorang sukarelawan naik ke atas panggung, beri ia sebuah kalkulator dan suruh ia memikirkan angka berapapun, dan jangan sampai terlihat oleh anda. (Misalkan 5)

2. Minta ia mengkuadratkan angka tersebut (5x5=25)

3. Tambahkan dengan dua kali angka yang pertama dipikirkannya (25+10=35)

4. Tambah 1 (35+1=36)

5. Suruh ia mencari akar kuadrat dari bilangan tersebut. Apabila hasilnya bilangan desimal, bulatkan ke bilangan bulat terdekat. (Akar kuadrat 36 adalah 6)

6. Tambahkan hasilnya dengan 10 (6+10=16) dan minta ia menyebutkan angka tersebut pada anda.

7. Untuk mengetahui angka yang pertama kali dipikirkannya, kurangi saja angka yang disebutkan oleh sang sukarelawan dengan 11 (16-11=5)

Amazing Random Prediction

Effects : Anda mampu mebuat prediksi berdasarkan angka yang dipilih secara acak oleh sukarelawan

Persiapan :
- Buat kertas prediksi di dalam amplop yang bertuliskan "2247"
- Siapkan 3 buah wadah (kita sebut wadah A, B. C). Masing-masing tas berisi 9 angka, yang tiap-tiap angkanya terdiri 4 digit angka
Wadah A berisi angka : 4286, 5771, 9083, 6518, 2396, 6860, 2909, 5546, 8174
Wadah B berisi angka : 5792, 6881, 7547, 3299, 7187, 6557, 7097, 5288, 6548
Wadah C berisi angka : 2708, 5435, 6812, 7343, 1286, 5237, 6470, 8234, 5129

Prosedur :
1. Panggil 3 orang sukarelawan naik ke atas panggung.

2. Suruh sukarelawan pertama mengambil salah satu angka di wadah A (misal 6518), sukarelawan kedua mengambil satu angka dari wadah B (misal 7097), dan sukarelawan ketiga mengambil satu angka dari wadah C (misal 5129)

3. Suruh sukarelawan pertama, kedua, dan ketiga menyebutkan satu angka yang mana saja dari 4 digit angka yang dipegangnya (misal sukarelawan A menyebut 6, B menyebut 0, C menyebut 9). Tuliskan ketiga angka yang disebutkan, dalam kasus ini 609.

4. Minta lagi ketiga sukarelawan menyebutkan satu angka dari 4 digit angka yang dipegangnya, dengan catatan angka tersebut belum disebutkan sebelumnya (misal A menyebut 1, B menyebut 7, C menyebut 1). Tuliskan ketiga angka yang disebutkan, dalam kasus ini 171.

5. Ulangi prosedur nomor 4. (misal A menyebut 8, B menyebut 7, C menyebut 2). Tulis angkanya, dalam kasus ini 872.

6. Suruh masing-masing sukarelawan menyebut satu angka tersisa yang tadi belum disebutnya (A akan menyebut 5, B menyebut 9, C menyebut 5). Tuliskan lagi angkanya, dalam kasus ini 595.

7. Suruh seorang sukarelawan menjumlahkan keempat angka yang anda tulis pada poin 3, 4, 5, dan 6. Dalam kasus ini, 609 + 171 + 872 + 595.

8. Ingatkan bahwa sang sukarelawan mengambil sendiri angka dari dalam wadah, dan mengacaknya sesuai kemauan mereka sendiri. Buka prediksi anda, dan nikmatilah aplaus meriah dari para penonton. Pasti hasilnya 2247, sama dengan prediksi yang anda buat sebelumnya.

Note :
Agar lebih jelas, lihat gambar berikut :



Trik Sulap Menebak Hari Dalam Kalender




Effects : Anda mampu menebak hari dari tanggal pada tahun-tahun yang sudah berlalu, bahkan menebak hari pada tahun-tahun yang akan datang.


Catatan : Saya membuat trik ini tanpa maksud mendiskreditkan magician tertentu yang pernah memainkan trik serupa. Saya tidak mengetahui apakah sang magician benar-benar menggunakan kekuatan magis atau menggunakan trik ini dalam shownya.


Penjelasan :


- Yang anda perlukan sebenarnya adalah kemampuan untuk menghafalkan kode hari, kode bulan, dan kode tahun. Kesulitan terbesar pada trik ini adalah saat harus mengingat kode bulan dan kode tahun yang dipilih oleh sang sukarelawan.


*Kode Hari :


Senin : 1

Selasa : 2

Rabu : 3

Kamis : 4

Jumat : 5

Sabtu : 6

Minggu : 0



*Kode Bulan


Januari : 6 (pada tahun kabisat : 5)

Februari : 2 (pada tahun kabisat : 1)

Maret : 2

April : 5

Mei : 0

Juni : 3

Juli : 5

Agustus : 1

September : 4

Oktober : 6

November : 2

Desember : 4


Tahun kabisat adalah tahun yang habis tepat dibagi 4. Contoh : 2000, 1996, 1992, 2008, 2004, 2012, dsb)




*Kode Tahun


1989 : 7

1990 : 1

1991 : 2

1992 : 4

1993 : 5

1994 : 6

1995 : 7

1996 : 2

1997 : 3

1998 : 4

1999 : 5

2000 : 0

2001 : 1

2002 : 2

2003 : 3

2004 : 5

2005 : 6

2006 : 0

2007 : 1

2008 : 3

2009 : 4

2010 : 5

2011 : 6

2012 : 1

2013 : 2

2014 : 3

2015 : 4



Setelah menghafalkan kode-kode tersebut, Untuk menebak hari, digunakan rumus berikut :


1. (Kode Bulan + Tanggal + Kode Tahun)

2. Kurangi angka pada nomor 1 dengan kelipatan angka 7 yang paling dekat

3. Cocokkan hasil pada poin nomor 2 dengan "kode hari" di atas.


Contoh :


Jatuh pada hari apakah tanggal 6 Juli 2009?

1. 5 + 6 + 4 = 15

2. 15 - 14 = 1. Kode hari 1 adalah hari Senin.

3. Jadi, tanggal 6 Juli 2009 jatuh pada hari Senin



Jatuh pada hari apakah tanggal 3 Februari 2004 (Tahun Kabisat)?

1. 1 + 3 + 5 = 9

2. 9 - 7 = 2. Kode hari 2 adalah hari Selasa

3. Jadi, tanggal 3 Februari 2004 jatuh pada hari Selasa

Number Magic- Menebak Angka Dalam Pikiran

Effects :
Anda mampu menebak angka dalam tabel yang dipikirkan oleh sang sukarelawan.

Prosedur :

1. Buat tabel angka seperti ini :



2. Suruh penonton memikirkan satu buah angka (misal 15), dan beritahukan agar ia hanya memikirkannya dalam hati.

3. Tanya penonton di kolom mana sajakah angkanya muncul (dalam kasus ini, angka 15 muncul di kolom A, B, C, dan D).

4. Ketika ia menyebutkan kolomnya, jumlahkan angka-angka paling atas di kolom yang ia sebutkan. (Dalam kasus ini, 1+2+4+8=15), maka anda akan mampu menebak angka yang dipikirkan sang penonton

Advanced Mathematic Table Untuk Membaca Pikiran

Prosedur :

- Buat atau print 7 tabel berikut ini.

- Minta seorang sukarelawan untuk memikirkan satu angka antara 1-100 di dalam tabel ini di dalam hati, tanpa memberitahukannya pada anda.
(misalkan 56)

- Tunjukkan ketujuh tabel tersebut, dan minta sang sukarelawan menyebutkan di tabel nomor berapa saja angka yang dipikirkannya muncul. (Angka 56 muncul di tabel nomor 4,5,6)

- Ketika dia menyebutkan tabel yang memuat angkanya, jumlahkan angka-angka di pojok kiri atas tiap-tiap tabel yang memuat angka sang sukarelawan, maka anda dapat menebak angkanya. Dalam kasus ini, 56 muncul di tabel 4, 5, dan 6. Jumlahkan angka-angka di pojok kiri atas tabel no. 4, 5, dan 6. 8+16+32=56. Berarti angka yang dipikirkan sang sukarelawan adalah 56.

- Saat anda mengungkapkan angka sang suakrelawan, jangan disebutkan begitu saja. Akan lebih baik bila anda seolah-olah melakukan "sensing" pada tabel sang sukarelawan, sehingga pertunjukan akan lebih menarik.

Seperti yang diungkapkan Fitri dalam posting http://wikumagic.blogspot.com/2009/05/number-magic-menebak-angka-dalam.html teori ini disebut "konsep bit" atau bilangan biner. Bilangan biner adalah bilangan-bilangan yang akan menghasilkan nilai 1 jika terus menerus dibagi 2 (2, 4, 8, 16, 32, 64, 128, 256, dan seterusnya). Untuk kasus ini, anda bisa menyuruh sang penonton memikirkan angka lebih dari 100, tapi dibutuhkan lebih dari 7 tabel, dengan konfigurasi angka-angka biner yang lebih besar (128, 256, 512, dan seterusnya)

Membaca Pikiran Lewat Angka

Effects : Anda bisa menebak angka dasar yang dipikirkan oleh seseorang, seperti yang dilakukan oleh Joe Sandy. Bedanya, metode yang digunakan dalam trik ini lebih sederhana, dan anda menentukan sendiri angka yang digunakan untuk melakukan perkalian dan pembagian.

Prosedur :

1. Minta dua orang sukarelawan naik ke atas panggung. Suruh orang pertama memikirkan sebuah angka berapapun, dari 1 sampai 1 milyar. Orang kedua bertugas untuk memikirkan sebuah angka genap, dari 1-100

2. Suruh orang pertama mengetikkan angkanya di kalkulator. (Misal : 63)

3. Minta ia mengalikan dua angka tersebut. (63x2= 126)
4. Minta ia menjumlahkan hasilnya dengan angka genap yang dipikirkan oleh orang kedua, misal 24 (126+24=150)

5. Minta ia membagi dua hasilnya (150:2= 75), dan meneriakkan angkanya pada anda.

6. Tanya pada orang kedua, berapa angka genap yang tadi dipikirkannya. Setelah si orang kedua menyebutkan angkanya, yang harus anda lakukan adalah mengurangi dalam hati angka yang diperoleh pada poin nomor 5, dengan setengah angka yang dipilih oleh orang kedua, maka anda akan bisa menebak angka dasar yang dipilih oleh orang pertama. Dalam kasus ini 75-(24:2), 75-12=63. Ungkapkan angka ini semisterius mungkin, seolah-olah anda sedang membaca pikiran sang sukarelawan.

Tips :
- Anda bisa juga menggunakan metode prediksi. Di sini anda hanya menggunakan seorang sukarelawan, dan angka genap ditentukan oleh anda sendiri.

Menebak Usia dan Kode Pos Melalui Angka

Effects : Anda bisa menebak usia dan kode pos seseorang melalui suatu permainan angka.

Prosedur :

1. Panggil seorang penonton naik ke atas panggung. Pastikan bahwa anda belum pernah saling bertemu, dan tidak ada rekayasa di antara anda berdua.

2. Beri sebuah kalkulator pada sang sukarelawan. Suruh ia mengetikkan kodeposnya di kalkulator. Misal 55340.

3. Suruh ia mengalikan dua angka tersebut. 55340x2 = 110680

4. Minta ia menambah 5. 110680+5= 110685

5. Kalikan dengan 50. 110685 x 50 = 5534250

6. Suruh ia menambahkan angka tersebut dengan usianya, misal 49. 5534250+49 = 5534299

6. Terakhir, minta ia menambahkan 365 dan menyebutkan hasilnya pada anda. 5534299+365= 5534664

7. Untuk mengetahui usia sang sukarelawan, dalam hati kurangi 2 digit angka terakhir dengan 15. Dalam kasus ini, 64-15 = 49

8. Untuk mengetahui kode posnya, kurangi angka pada 5 digit pertama dengan 6. Dalam kasus ini, 55346-6= 55340

9. Minta sang sukarelawan mengeluarkan KTP/ kartu identitasnya untuk menciptakan efek yang lebih dramatis.

The Extreme Nine

Effects : Anda mampu memprediksikan jumlah digit dari angka yang dijumlahkan, dikali, dan dibagi bergiliran oleh anda dan penonton.

Persiapan : Buat kertas prediksi bertuliskan "9"

Prosedur :

1. Minta seorang penonton secara acak menyebutkan angka, misal 8753.
2. Minta orang lain menyebutkan sejumlah angka lagi, misal 564.
3. Kini giliran anda menyebutkan sejumlah angka, berapapun, misalkan 789.
4. Jumlahkan ketiga angka di atas. Dalam kasus ini, 8753+564+789 = 10106.
5. Minta seorang penonton untuk memikirkan angka yang lebih kecil dari angka tersebut, misal 870, gunakan untuk mengurangi angka di atas. Dalam kasus ini 10106-870=9236.
6. Katakan kali ini anda akan bermain dengan perkalian. Minta seorang penonton menyebut angka, misal 52 dan mengalikannya dengan angka pada poin no 5. Misal 9236 x 52= 480272.
7. Giliran anda mengalikan, sebutkan bilangan kelipatan sembilan, misalkan 252, dan kalikan dengan bilangan pada no. 6. Dalam kasus ini 480272 x 252 = 121028544.
8. Minta seorang penonton menyebut angka berapapun, dan mengalikannya lagi pada bilangan nomor 7, misalkan 56. Kalikan dengan bilangan di nomor 7. 121028544 x 56 = 6777598464. Suruh seorang penonton menjumlahkan angka-angka dari hasil tersebut sampai memperoleh satu digit angka. Dalam kasus ini 6+7+7+7+5+9+8+4+6+4 = 63; 6+3= 9.
9. Ingatkan bahwa angka dipilih secara acak oleh anda dan penonton, tanpa ada rekayasa. Bukalah prediksi anda, dan pasti hasilnya akan sama dengan jumlah digit.

Tips :
- Permainan ini akan efektif bila dilakukan dengan tempo cepat.
- Bilangan bisa juga dipilih dengan cara mengambil undian kertas berisi angka. Anda cukup membuat angka-angka pada kertas tersebut hanya berisi angka kelipatan 9. Misal 585, 792, 036, 7632 dsb, buatlah seolah-olah angka tersebut dibuat secara acak.
- Kunci permainan ini ada pada poin nomor 7. Berapapun bilangan yang dikalikan bilangan kelipatan 9, pasti jika tiap-tiap digit angka tersebut dijumlahkan hasilnya 9.